Aparat Hukum Yang Menangani Tidak Fair, Pelapor Malah Dijatuhi Hukuman

Nias, chronosdaily.com – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gabungnya Wartawan Indonesia (GWI) Kepulauan Nias, Sumatera Utara Lo,ozaro Zebua dilaporkan oleh Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, dengan pasal pencemaran nama baik.

Padahal, dirinya yang sudah melaporkan Herman Jaya Harefa ke Polres Nias, Polda Sumatera Utara, Polres Jakarta Utara, Polda Metrojaya, atas dugaan pemalsuan ijazah. Juga pemalsuan identitas dan ijazah.

“Bukti-buktinya ada semua. Dan sudah saya serahkan semua ke aparat penegak hukum. Kuat. Bukti dari Dirjen Bimas Kristen, dari Ombudsman, dari Kanwil Pendidikan DKI Jakarta, dari kampus, membuktikan ijazah yang dimiliki Herman Jaya Harefa memang illegal,” tutur Lo’ozaro Zebua.

Laporannya di aparat kepolisian, tidak ditindaklanjuti. Malah laporan dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan Herman Jaya Harefa kepada dirinya yang diproses oleh aparat penegak hukum.

Bahkan, lanjutnya, Hakim Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Nias, malah memvonis dirinya bersalah atas dugaan pencemaran nama baik Herman Jaya Harefa itu. Dengan hukuman 1 tahun penjara dan denda Rp 750 juta. Subsidier 3 bulan penjara. “Saya tidak terima. Saya manyatakan banding, bahkan kasasi,” ujar Lo’ozaro.

Dia menolak keras disebut melakukan pencemaran nama baik kepada Herman Jaya Harefa. “Saya tidak pernah menghina atau mencemarkan Nama Baik Herman Jaya Harefa di Media Sosial, dan Saya tidak pernah menulis nama Herman Jaya Harefa pada status Saya,” tegasnya.

Lo’ozaro mengaku kecewa, sejak pemeriksaan di Kepolisian hingga Putusan Pengadilan, telepon seluler miliknya belum pernah disita sebagai Barang Bukti. “Saya saja tidak tahu bermain Facebook dan baru belajar, sehingga Saya kecewa dituduh telah melakukan Pencemaran Nama Baik dan Fitnah kepada Ketua DPRD Kota Gunungsitoli,” sesalnya.

Menurut Lo,ozaro, Putusan terhadap Dirinya adalah usaha pembungkaman, karena Dia sedang getol mengejar Kasus Dugaan Ijazah Palsu Ketua DPRD Kota Gunungsitoli. “Saya akan terus berjuang mendapatkan keadilan,” ujar Lo’ozaro. [Jon]

Author: Roy Agusta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *