Antonius Natan : Seratus Persen Pancasila Seratus Persen Indonesia

Antonius Natan

Seratus Persen Pancasila Seratus Persen Indonesia

Seratus Persen Pancasila Seratus Persen IndonesiaTanggal 1 Oktober merupakan peringatan hari Kesaktian Pancasila. Salah satu tonggak sejarah yang melepaskan bangsa Indonesia dari pemberontakan G30S/PKI yang menewaskan para Jendral di Indonesia dan banyak korban yang tak bersalah harus menemui ajal.

Peringatan hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum bagi warganegara untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotism.

Nilai-nilai nasionalisme dan patriotism yang kemudian kita maknai sebagai semangat untuk membangun martabat dan jati diri bangsa.

Pancasila adalah dasar Negara dan menjadi sumber hukum yang mengatur masyarakat Indonesia, menjadi inspirasi bagi kehidupan berpolitik, bernegara, beragama dan segala sesuatu yang lahir di Indonesia harus selaras dengan falsafah yang terkandung dalam Pancasila.

Pancasila mengandung berbagai makna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Makna utama yang terkandung dalam Pancasila adalah moralitas, yaitu sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung arti bahwa Negara bangsa Indonesia bukanlah negara teokrasi yang hanya berdasarkan kekuasaan negara dengan agama tertentu saja. Model pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia mengenal fungsi eksekutif, legislatif dan judikatif yang merupakan kontrol pemerintahan secara berimbang.

Hikmat dan kebijakan berdasarkan kebebasan beragama menjadi mutlak didalamnya. siapapun dengan agama apapun diberikan kesempatan yang sama dalam pemerintahan demikian juga warganegara dan penduduk menjunjung tinggi nilai nilai agama yang dianut secara baik dan benar mewujudkan harmoni kebangsaan.

Makna Kesaktian Pancasila adalah memontum bersejarah agar seluruh aparat pemerintahan mulai dari presiden, menteri, gubernur, walikota/ bupati, camat, lurah/ kepala desa, ketua RW, Ketua RT, anggota TNI, Polri, di Indonesia menyatu menjadi satu kesatuan.

Mengikat diri sebagai warganegara yang mempertahankan Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Penghormatan salah satu makna Kesaktian Pancasila, bahwa setiap warga negara Indonesia melakukan penghormatan kepada seluruh pahlawan yang telah gugur dan korban jiwa yang tidak bersalah. Adapun makna kesaktian pancasila sebagai upaya untuk memperkokok peran Pancasila sebagai dasar negara serta ideologi bangsa.

Kesaktian Pancasila memiliki makna penting bagi seluruh warga Negara Indonesia, bahwa Pancasila merupakan pedoman serta dasar Negara yang tidak dapat dan tidak boleh diubah oleh siapapun.

Antonius Natan

Dosen STT LETS – Lighthouse Equipping Theological School

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*