Aksi Peduli Luna Maya, Drg Devya Linda, Titi Kamal Dkk, Diapresiasi Sangat Positif

Jakarta, chronosdaily.com – Keterlibatan para artis dan public figure dalam aksi peduli terhadap garda terdepan bangsa dalam memberikan perlindungan dan perawatan medis mendapat apresiasi sangat positif. Sabtu kemarin telah memberikan bantuan Alat Pelindung Diri kepada 2 rumah sakit, yaitu RS Mitra Keluarga Bekasi dan RS Islam Jakarta di Jakarta Timur.

Beberapa nama diantaranya artis Luna Maya, Anggie Rasly, Erlya Bimantara, Drg Devya Linda, Erin Taulany, Zikra Soraya, Sari Hutagalung, Farah Balqies, Titi Kamal, Queen Abigail, Rozma Suhardi, Tiara 5 a Sec, Sari Hutagalung, Tantri Benarto, Kirana Larasati, Lily Riana. Selain sebagai artis, mereka juga adalah para profesional di bidang masing-masing dan memiliki komunitas yang aktif diberbagai kegiatan sosial.

 

Frans Meroga, Wakil Ketua VIU

Choirunissa pengunjung di RS Mitra Keluarga Bekasi menyebutkan, sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Luna Maya dan kawan-kawan, “Saya salut kalau ada artis-artis apalagi mbak Luna Maya mau turut peduli kepada dokter dan perawat di rumah sakit. Kalo bagi-bagi bantuan ke masyarakat umum kan udah banyak dan udah biasa. Ini mau perhatian ke perawat dan dokter kan jarang. ma kasih ya mbak Luna Maya, trus siapa lagi tuh ada mbak Titik Kamal, drg Devya…. sesuatu banget deh.”

See also  Menaker Ida Fauziyah Ajak Muhammadiyah Kolaborasi Tingkatkan Kompetensi SDM Indonesia

Pemerintah Indonesia telah mengimbau warga untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan menjaga jarak, dan bekerja dari rumah. Tetapi hal ini bukan menjadi penghalang untuk mengurangi rasa kepedulian. Ditengah pandemik virus Corona, tak bisa dipungkiri peran para medis, baik yang bertugas di rumah sakit yang menjadi rujukan Covid 19 ini maupun rumah sakit lainnya, semua siaga penuh.

Perawat dan dokter memiliki tanggung jawab besar, tak heran bila mereka bukan lagi bekerja dari rumah tapi justru banyak diantara mereka tidak pulang ke rumah. Melalui Visi Indonesia Unggul yang dikomandani oleh Tigor Mulo Horas Sinaga dan Frans Meroga merasa perlu memberikan perhatian secara khusus terhadap para perawat dan dokter dan melakukan aksi nyata bersama para artis dan profesional untuk memberikan secara langsung bantuan APD kepada rumah sakit.  Setelah sebelumnya juga melakukan hal yang sama di RS Persahabatan (Jakarta Timur) dan RS PGI Cikini (Jakarta Pusat). Kemarin giliran RS Mitra Keluarga (Bekasi Barat) dan RS Islam Jakarta (Jakarta Timur).

See also  Jadi Juara, Karya Mahasiswi DKV UPH Hiasi ‘Hidung’ Pesawat Garuda Indonesia

Alat Pelindung Diri menjadi sarana vital bagi seorang yang berprofesi sebagai perawat medis, entah dia perawat pasien atau dokter. Selain barangnya langka, kalaupun ada harganya bisa mencapai 300 kali lipat untuk satu APD sekali pakai. Alat Pelindung Diri yang dimaksud untuk menghindari sekaligus mengurangi risiko tertular penyakit yang infeksius seperti Ebola, MERS, SARS, Flu Burung dan termasuk wabah pandemik Covid 19 ini. APD dirancang sedimikian rupa yang biasanya terdiri dari penutup kepala (hoodie), pelindung wajah, pelindung mata (goggles), masker (respirator), sarung tangan, baju pelindung (gaun) dan sepatu boot.

Frans Meroga, Wakil Ketua Visi Indonesia Unggul menyampaikan rasa syukur kepada para influencer yang turut mendonasi sebagai wujud kepedulian sosial bagi para pejuang garda terdepan melawan wabah virus Corona ini. “Kita harus yakin, percaya dan tetap bersatu, saling mendukung dan menyemangati. Indonesia pasti sanggup mengatasi serangan pandemik Covid 19.

Visi Indonesia Unggul yang diinisiasi oleh Tigor Mulo Horas Sinaga, mengambil inisiatif untuk melakukan  aksi nyata kepada garda terdepan para perawat medis yang sangat rentan terinfeksi wabah pandemik Corona. Mengingat tidak semua rumah sakit rujukan memiliki cukup alat pelindung diri, apalagi saat kebutuhan mendesak dan adanya kelangkaan. “Ini bukan untuk ikut-ikutan menyumbang atau gaya-gayaan, tapi kami berupaya membantu dengan kebutuhan tepat guna,” ujar Horas.

See also  Djasarmen Purba SH : MUKI Dukung Presiden Terbitkan PERPPU KPK

“Kekuatan sebuah negara terletak pada bangsa yang sehat yang akan menghasilkan generasi-generasi berkualitas. Peran para perawat medis sering terabaikan, ketika mereka sedang berjibaku menyelamatkan orang lain agar tidak direnggut maut, mereka sendiri sebenarnya sedang berhadapan dengan maut. Belum lagi stigma masyarakat kadang berlebihan,” tegas Horas kembali. “Kita percayakan kebijakan pemerintah, semua satu suara dalam satu gerakan yang sama untuk melawan pandemik Covid 19. Kita tetap bersatu dan berdoa, bangsa dan negara ini akan segera bebas dari Corona.”  [Aurora Dea]

Leave a Reply

Your email address will not be published.