Aksi Nyata PSI Kota Bogor di Desa Parakan Muncang, Wujud Kepedulian Sosial Partai ke Masyarakat

Bogor, chronosdaily.com – Aksi sosial lanjutan di wilayah terdampak bencana longsor di Desa Parakan Muncang kecamatan Nanggung kabupaten Bogor kembali dilakukan oleh sejumlah kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) hari Minggu (02/02) kemarin. Sebanyak 40 KK dari desa setempat mendapatkan sejumlah bingkisan yang berisi bahan pangan sementara anak-anak usia sekolah yang terkena musibah kehilangan alat tulis mendapatkan buku tulis serta perlengkapan sekolah lainnya.

Tim aksi nyata PSI Kota Bogor bersama Kades dan perangkat desa Parakan Muncang

Aksi yang diprakarsai oleh kader senior PSI Kota Bogor Krissahat Simanungkalit didukung penuh oleh Ketua DPD PSI Kota Bogor Sugeng Teguh Santoso SH. MH. yang mendorong para kader bergotongroyong baik dana maupun tenaga dan konsep rencana aksi. Kegiatan yang mengundang perhatian dan atensi masyarakat desa Parakan Muncang diapresiasi oleh Kades Parakan Muncang Mauludin ST. “Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi sekaligus menghaturkan terimakasih atas kepedulian Bro dan Sis, …khan biasanya begitu ya kalo menyapa di lingkungan PSI”, demikian selorohnya. “Partai anak muda dan milenial seperti PSI menunjukkan bahwa tidak semua partai yang bisanya menebar pesona dan janji, ternyata PSI betul2 menunjukkan kepedulian serta kerja nyata. Saya kagum”, demikian lanjutnya.

See also  Kapal Trawl Masih Marak Beroperasi di Selat Malaka, Nelayan Tradisional Resah dan Gelisah

Sementara Shinta Rayani yang juga Bendahara PSI mewakili pengurus menyampaikan rasa prihatin dan bersimpati atas penderitaan dan beban yang harus ditanggung warga Parakan Muncang. “Kami hadir bukan hanya ingin tebar pesona namun kami ingin melakukan aksi nyata bagi sesama warganegara yang sedang tertimpa musibah. Dengan kemampuan yang terbatas ala anak2 muda kami berharap masyarakat tidak menilai dari jumlah bantuan tapi lihatlah kehadiran kami sebagai sesama anak bangsa yang ikut menderita ketika ada warga yang tertimpa musibah”.

chronosdaily
go

Saat melakukan peninjauan langsung di titik longsor, rombongan PSI Kota Bogor selain didampingi Kepala Desa, para Ketua RW dan RT setempat juga ikut hadir memberikan penjelasan tentang kondisi riil di desa tersebut. Diantaranya adalah terputusnya jalan desa di dua titik lokasi, kemudian rumah warga yang dindingnya dijebol tanah. Ada juga rumah yang berpindah tempat terbawa arus pergerakan tanah sera dinding dan lantai rumah yang terbelah. Dari hasil diskusi dengan para warga yang difasilitasi oleh Kades, PSI akan mencoba mencarikan solusi terhadap kerusakan fisik rumah dan jalan. Dan disamping itu anak2 muda ini menawarkan bantuan pelatihan kerajinan tangan dari bahan bambu bagi ibu2 rumahtangga dengan mendatangkan instruktur. Kemudian bagi para pemuda akan difasilitasi untuk beternak lele disamping pendampingan dalam menyusun agenda kegiatan tahunan di desa. Diharapkan dengan itu semua dana desa yang akan dicairkan pada bulan depan dapat mencapai sasaran dan tepat guna dalam pemanfaatannya.

See also  Kris Sahat Simanungkalit : Publik Sedang Menyoroti Kementerian BUMN

Kader senior PSI Kota Bogor Krissahat Simanungkalit mengatakan bahwa kegiatan yang melibatkan anak2 muda dan milenial PSI Bogor ini tidak membutuhkan waktu yang lama serta rapat2 yang tak perlu dalam persiapannya. Cukup melalui medsos grup kami sudah langsung bisa lakukan aksi nyata. “Program ini juga menjadi bagian dari rencana kerja tahunan dari Pengurus baru PSI Kota Bogor yang dipimpin Bro STS”, jelasnya menunjuk Sugeng Teguh Santoso SH. MH. “Walaupun Parakan Muncang berlokasi di kabupaten, sementara wilayah kerja kami adalah kodya Bogor, namun itu tidak menghalangi kecintaan dan kepedulian kami kepada sesawa anak bangsa yang tertimpa musibah. Efektif, efisien dan memperkuat kerjasama adalah kunci sukses yang diterapkan pengurus baru yang sekarang ini…, dan ujungnya adalah keadilan serta kesejahteraan masyarakat sebagai result kami”, demikian pungkasnya. [Krs]

Leave a Reply

Your email address will not be published.