2.725 Atlet dan Official Berpartisipasi di Peparnas XVI Papua

Jayapura, chronosdaily.com – Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 akan digelar di Papua, bulan November 2021 mendatang.  Sebanyak 2.725 atlet dan official dari dari 34 provinsi se-Indonesia akan berpartisipasi dalam event olahraga nasional difabel tersebut. 
Ketua Harian Peparnas XVI Papua, Doren Wakerkwa mengatakan Peparnas XVI nanti mempertandingkan 12 cabang olahraga. Ke-12 cabang olahraga tersebut yakni angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepakbola CP, tenis lapangan kursi roda dan tenis meja.
“jika direkapitulasi dengan jumlah SDM panitia pelaksanaan dan LO maka ditotal dapat mencapai 5.494 orang,” kata Doren kepada pers di Jayapura, Rabu, 28 April 2021.
Dia menjelaskan, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura akan menjadi tuan rumah, dimana, Kota Jayapura akan dilaksanakan cabang olahraga tenis meja, bulu tangkis, catur, judo tuna netra, sepakbola CP dan tenis kursi roda lapangan.
Sedangkan di Kabupaten Jayapura akan mempertandingkan cabang olahraga atletik, menembak, panahan, renang, boccia dan angkat besi,” katanya lagi.
Oleh karena itu, Doren berharap media tidak hanya mensosialisasikan penyelenggaraan PON XX saja, tetapi Peparnas XVI di Papua pun harus dipublikasikan, sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi tersebut serta turut mensukseskan iven tersebut.
Sementara itu, Ketua National Paralympic Committee ( NPC) Provinsi Papua, H. Jaya Kusuma mengatakan, bahwa NPC Papua akan mengikuti semua nomor dari 12 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.
Menurutnya, sebanyak 250 atlet terbaik akan mengisi semua nomor yang dipertandingkan. Apalagi Papua dalam Peparnas kali ini akan mengusung target yang tinggi.
“Atlit yang kita persiapkan itu sekitar 250 atlet, Papua akan mengikuti semua nomor dari 12 cabang olahraga,” ungkapnya belum lama ini.  [PonXXPapua]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *